Sabtu, 14 April 2012

Akses Internet

-->

I.                   Internet Service Provider (ISP)

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memungkinkan kita untuk melakukan koneksi ke internet dengan berbagai pilihan koneksi. ISP-ISP yang ada saat ini menawarkan layanan koneksi ke internet yang berbeda-beda. Karenanya, sebelum memilih ISP yang ingin digunakan, terlebih dahulu kita memilih jenis koneksi yang ingin digunakan. Kemudian kita pilih ISP yang memberikan layanan terbaik dan cocok bagi kita, sesuai denga koneksi yang di pilih.
           
            Ada beberapa kriteria yang digunakan untuk memilih ISP, kriteria tersebut antara lain :

*      Kecepatan transfer
*      Bandwitch
*      Memiliki server proxy
*      Memiliki backbone
*      Keamanan data
*      Layanan yang diberikan
*      Biaya
*      Hardware
*      Teknologi yang digunakan

II.                Hardware untuk Mengakses Internet
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan kita mengakses internet dengan menggunakan berbagai pilihan teknologi yang ada. Masing-masin teknologi mengakses internet dengan berbagai cara. Karenanya, perangkat ini akan dibahas berbagai kebutuhan perangkat keras untuk mengakses internet dengfan menggunakan berbgai teknologi.

1.      Melalui koneksi Dial-Up
Jika kita menghubungkan ke internet dengan koneksi dial-up pada 2 perangkat tambahan yang di butuhkan, yaitu saluran telepon dan modem.

2.      Melalui teknologi ADSL
Bila kita ingin mengakses teknologi ADSL, kita harus mempunyai sebuah modem ADSL, jalur telepon dan terdaftar pada ISP yang mempunyai layanan ADSL.
3.      Melalui jaringan LAN
Agar dapat di hubungkan dengan computer server di LAN, computer kita harus memiliki kartu jaringan (LAN Card)

4.      Melalui jaringan GPRS
Jika kita menggunakan GPRS, kita membutuhkan sebuah handphone yang sudah mendukung teknologi GPRS dan sebuah SIM Card dari operator saluran tertentu yang menyediakan layanan GPRS dan layanan, dan layanan tersebut telah di aktifkan di handphone kita.
5.      Melalui jaringan WIFI
Notebook dan laptop yang lebih di lengkapi dengan kartu wifi (wifi card) dapat kita gunakan untuk koneksi ke internet.

III.             Software untuk Mengakses Internet
Perangkat lunak yang paling penting kita siapkan adalah browser. Salah satu browser yang banyak di gunakan adalah Mozilla firefox. Jika kita mengggunakan sistem operasi windows, maka telah di siapkan browser internet explorer. Berikut beberapa software browser :
*      Mozilla firefox
*      Internet explorer
*      Google Cr
*      Opera
*      Safari, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar