Sabtu, 14 April 2012

Istilah istilah dalam Database


Istilah-istilah dalam Database
*                              Basis data adalah sekumpulan data yang di gabungkan, kemudian di olah menjadi informasi yang di butuh kan. Basis data dapat di buat melalui beberapa aplikasi, contoh nya : Command Prompt, php my admin dengan melalui media XAMPP.

*      Tabel adalah inti dari sebuah database yang di kelompokkan dalam bentuk baris dan kolom.


*      Data adalah satuan informasi yang akan di olah, dimana sebelum di olah di kumpulkan dahulu di dalam file database.

*      Atribut (field) adalah ciri-ciri kualitatif yang dimiliki oleh suatu obyek, yang mencerminkan sifat-sifat dari obyek tersebut. Field menyatakan data terkecil yang memiliki makna. Istilah lain untuk field yaitu elemen data, kolom item. Contoh field yaitu nama seseorang, jumlah barang yang dibeli, dan tanggal lahir seseorang.

*      Record atau Rekaman data, merupakan kumpulan elemen data, atau kumpulan beberapa nilai Atribut, atau kumpulan Field-data yang mewakili satu Entitas secara lengkap. Misalnya: Entitas pegawai memiliki record: NIP, Nama, Alamat, Pangkat, Jabatan, dsb.

*      Primary Key adalah kunci secara unik untuk mengidentifikasi baris pada data.

*      Entitas (entity) adalah sebuah objek yang keberadaannya dapat dibedakan terhadap objek lain.
·         Sebuah entitas memiliki sejumlah atribut

·         Himpunan entitas adalah sekumpulan entitas yang berbagi atribut yang sama


·         Entitas adalah sesuatu yang ada dan dapat melaksanakan suatu kegiatan dan dapa berupa subyek hukum tersendiri.

*      Relasi adalah hubungan antara tabel yang merepresentasikan hubungan antar obyek di dunia nyata. Macam-Macam Relasi antar tabel:
  • One-to-many. Misalkan terdapat relasi antara tabel ibu dan tabel anak dengan nama relasi "mempunyai" dan relasinya one-to-many. Artinya satu record pada tabel ibu boleh berelasi (mempunyai) dengan banyak record pada tabel anak. Namun satu record pada tabel anak hanya boleh berelasi dengan satu record saja pada tabel ibu

  • One-to-one. Jika dua tabel berelasi one-to-one artinya setiap record di entitas pertama hanya akan berhubungan dengan satu record di entitas kedua begitu pula sebaliknya. Conrohnya relasi antara tabel pegawai dan alamat pegawai. Satu record pegawai hanya berhubungan dengan satu record alamat pegawai beitu pula sebaliknya. Entitas 3 merupakan atribut yang unik di entitas 4.


  • Many-to-many. Jika tabel satu berelasi dengan tabel dua dengan relasi any-to-many artinya ada banyak record di entitas satu dan entitas dua yang saling berhubungan satu sama lain. Contohnya relasi many-to-many antara tabel transaksi dan barang. Satu record transaksi bisa berhubungan dengan banyak record barang, begitu pula sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar